Home  ›  Tidak Ada Kategori

2 Tips mengetahui komposisi untuk penggunaan pewarna masterbatch pada plastik

xx 9 min read 1 komentar







Barang yang anda beli yang terbuat dari bahan plastic warna itu adalah salah satu barang yang terbuat dari beberapa komposisi pilihan , masterbatch adalah salah satu dari komposisi didalamnya. Bagi para pelaku home industry bahan ini adalah bahan yang wajib untuk di dapatkan dan di beli sebagai bahan campuran.
Seperti orang yang sedang memasak nasi goreng , semua bahan untuk meracik bumbu yang sedap dan enak dibutuhkan bahan bahan yang sesuai takaran dan komposisi yang dianjurkan , mulai dari takaran bumbu dapur , minyak goring , nasi putih , dan sebagainya ini harus sesuai dengan takaran agar tersaji menjadi masakan nasi gorengan yang lebih enak dan pas tentunya.
Para pelaku home industry yang sudah paham betul bagaimana memulai dan mengetahui komposisi yang ada pada pewarna tekstil , pewarna pada plastic serta pewarna untuk pengunaan lainya yang tentunya membutuhkan beberapa kilogram bahan masterbatch untuk mengimbangi menjadi warna dengan hasil visualnya semakin mengkilap.
Peristiwa dimana seseorang mengalami masalah pada industrinya adalah karena barang yang akan di produksinya belum sesuai dengan apa yang mereka inginkan , visual dan hasil akhir adalah pilihan yang amat mereka inginkan. Dan tentunya hasil akhir itu sendiri rata rata bermasalah karena visual yang kurang mengkilap yang ada pada barang yang di produksi itu sendiri.
Permasalahan ini adalah salah satu hal lumprah yang terjadi pada masing masing industry , dan sudah tidak asing lagi untuk di ketahui bagaimana cara menresponya agar barang dan hasil akhir pada produk yang akan di produksinya itu tampak lebih bagus serta mengkilap.
Di blog ini adalah salah satu yang membahas tentang bagaimana sebuah kebutuhan untuk industry , kebutuhan pokok bahan baku plastic akan lebih mudah di ketahui. Jika anda ingin mengetahui tentang semua bahan baku untuk plastic , blog ini salah satu pilihan alternative untuk bisa mencari informasi dari berbagai peristiwa , bahan yang digunakan serta hasil barang yang akan di produksi bagi para pelaku industry disana.
Berikut beberapa penjelasan mengenai apa itu masterbatch dan bagaimana komposisi dan takaran yang biasa di gunakan untuk bahan campuran pada plastic dan beberapa produk lainya.

1.Masterbatch
Bahan campur yang digunakan sebagai pewarna ini memang sudah tidak asing lagi bagi para pelaku home industry diluar sana , mereka menggunakanya untuk di jadikan sebagai pelengkap warna pada visual dan transparasi pada plastic. Jika anda pernah mengalami dalam memproduksi atau membuat barang plastic yang belum sesuai keinginan dalam katagori visualisasi serta transparasi pada produk itu sendiri , maka masterbatch adalah salah satu bahan yang dijadikan untuk campuran pelengkap agar warna dan visualnya makin mengkilap.
Contoh simplenya adalah jika anda membuat sebuah miniature plastic yang akan di produksinya harus dengan hasil yang transparan dan bening maka bahan masterbatch ini akan membantu anda untuk memepermudah mengatasi masalah yang biasanya para pelaku industry kesulitan dalam mengatasinya .
Pernah juga klien kami yang baru pernah memproduksi miniature berupa aksesoris mainan dari plastic , ingin produk yang dihasilkan nantinya tampak lebih bening dan visualnya transparasi pada akhir barang yang nantinya akan mereka jual , tapi bermasalah dengan warna serta transparasi justru pada saat di proses berkahir pada hasil yang cukup buram dan tidak jelas warnanya.

2. Pilih Jenis Bahan Baku yang Tepat
Setelah mengetahui masterbatch pada point di atas , maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis dan type material bahan baku biji plastic yang akan di gunakan sebagai bahan pokok dalam memproduksi barang tersebut , missal melanjutkan penjelasan tentang klien saya yang membuat sebuah miniature aksesoris plastic dan bermasalah dengan warna dan visualnya diatas.
Pilihlah jenis material biji plastic yang sesuai warna dan type yang digunakan pada hasil akhir yang ada di barang plastic tersebut, semisal anda akan membuat sebuah aksesoris alat pakan pancing mainan seperti miniature dengan warna bening dan visualnya transparan , maka tugas anda hanyalah :
A.   Memilih dan mencari material yang berwarna bening
B.   Pastikan mengetahui jenis dan warna biji plastic yang akan di gunakan
C.   Pastikan juga apakah anda akan memilih mengunakan material recyle atau originaly


3. Komposisi Penggunan Materbatch
Jika anda sudah mencoba ditahap point 2  , maka point ini adalah langkah terakhir untuk anda sebagai pilihan yang tepat. Membuat komposisi untuk mencampurkan semua bahan baku plastic.
Misal barang yang akan anda buat adalah sebuah miniature aksesoris plastic dengan visual yang transparan dan bening , maka langkah yang anda kerjakan adalah :
A.   Memilih biji plastic dengan warna bening dan transparan
B.   Pilih dan uji pada jenis biji plastic PP Bening , PS Bening
C.   Rekomendasi yang dipilih misalnya menggunakan jenis PS Bening
Jika anda sudah sampai pada tahap ini , maka tinggal memberikan komposisi untuk di campurkan ke dalamnya dan kemudian di proses , pertanyaanya adalah berapa takaran dan komposisi masterbatch untuk membuat produk yang akan di hasilkanya tampah lebih mengkilap dan bening.
A.   Pilih dan trial menggunakan material biji plastic PS Bening
B.   Pastikan trial sesuai komposisi yang di anjurkan yaitu 1 sak isi 25Kg
C.   Jika material PS beningnya sebanyak 25Kg , Maka masterbatch yang dibutuhkan hanya 1 Kg
D.   Ingat , takaran komposisi yang dibutuhkan hanya 1 Kg masterbatch per masing masing 25Kg resin
E.    Dan berlaku kelipatan per masing masing resin yang di butuhkan untuk trial pada bahan plastic yang akan anda uji coba.

Ketiga tahapan diatas akan mempermudah anda dalam menyelesaikan masalah yang ada pada industry anda disana , terutama yang bermasalah dengan visual , transparasi produk dan warna. Hal ini akan jauh lebih baik jika anda sudah mengetahui jenis dan bahan baku yang di rekomendasikan untuk kebutuhan industru anda.

Jika hal ini bisa di pertimbangkan untuk anda sebagai uji coba baru maka langkah dan point penting yang akan anda kerjakan adalah :
1.     Mengetahui apa itu masterbatch pada point pertama
2.     Memilih jenis dan warna biji plastic
3.     Mengetahui takaran dan komposisi masterbatch sesuai dengan trial and error yang anda inginkan
Dari ketiga langkah ini maka anda sudah di pastikan bahwa produk yang akan anda buat sedikit demi sedikit menghasilkan visualiasi dan transparasi yang bagus sesuai dengan standard dan procedural yang anda inginkan.


*NOTE : Jika anda membutuhakan BIJI PLASTIK dan MASTERBATCH dengan HARGA TERBAIK dan dengan KUALITAS TERJAMIN , anda bisa langsung menghubungi kami DISINI



1 komentar
  1. Hi, we offer best PET masterbatch at competitive price, if you interested please email to sales@osiplastindo.com

    BalasHapus