Home  ›  Tidak Ada Kategori

Jangan dulu memutuskan untuk memilih supplier , Jika anda belum membaca 2 hal penting ini

xx 4 min read


Bisa dibilang anda diposisikan sekarang mendapatkan bagian pekerjaan yang serba tertekan dan mengandalkan hasil kinerja atau hasil akhir jika anda yang kemudian memutuskan untuk mencari beberapa vendor untuk pengadaan suatu barang untuk kebutuhan baik jasa ataupun pengadaan barang tertentu ke supplier. Bayangkan saja jika anda posisi kerjanya dibagian purchasing yang ditugaskan untuk memilah beberapa supplier atau vendor yang akan anda rekomendasikan untuk dipilihnya.

Betapa susah dan ribetnya jikalau waktu yang diberikan oleh manager dan atasan anda sangatlah minim dan anda masih belum cocok menemukan info dan supplier yang rekomend untuknya. Sedangkan tim produksi sudah menunggu keputusan anda untuk di dokumentasikan bahwa laporan yang akan anda berikan menentukan pekerjaan berikutnya lagi dalam hal uji coba atau trial produksi yang ditunggunya.

Apakah anda jika dalam posisi seperti ini akan klimpungan mencari info kesana kemari hingga googling dan mengecek siapa saja blogg dan website yang menjual jasa dan produk yang akan di ujinya kembali ? stress tidak akan menemukan beberapa jasa dan produk yang akan anda pilih hingga tertekan dari atasan dan memilih untuk menghubungi yang ada saja untuk dicarikan kemudian dijual kembali.

Ribet karenanya harus menunggu estimasi beberapa waktu atau minggu hanya untuk menentukan beberapa grade material pilihan yang cocok untuk end product yang akan anda kerjakan disana. Disini anda akan banyak pengalaman menentukan sebarapa cocokah dan bagus dari berbagai supplier yang pernah anda temukan baik di googling atau ada rekomendasi tertentu sebelumnya.

2 Hal penting ini hanyalah sebagai referensi untuknya agar bisa memilih vendor yang bernar serta bagus layananya , pastikan mempelajari perusahaan dan websitenya jika ada layanan dan kebijakan yang didapatkan oleh anda dan tim sebelum memutuskan untuk memilih sebagai vendor untuk memenuhi kebutuhanya.


1. Mengecek Dan Mempelajari Dari Website Atau Blogg Perusahaanya


Selain direkomendasikan dari para koleganya , maka tugas anda yang kedua selain meminta referensi barang atau jasa yang dijualkanya , adalah mengecek company profil atau blogg yang akan menjadi pilihan anda nantainya. Cek bagaimana web atau blogg tersebut aktif dan mengupdate beberapa berita seputar info layanan , update barang atau jasa dan produknya atau layanan kebijakan yang diberikanya.

Pastikan anda dengan benar membaca semua kebijakan dan layanan yang diberikan oleh supplier sebelum anda kemudian menghubunginya untuk hanya menanyakan seputar barang yang dijual atau hanya say hello untuknya.

Jika anda membaca dan memperhatikan blogg yang anda baca ini , semua layanan dan menu barang atau jasa pilihan sudahlah tersaji dalam bentuk menu pada bagian submenu blogg ini , perhatikan juga semua kebijkanya yang kami berikan.

Yang harus anda ketahui hanyalah :

A. Produk yang dijual
B. Layanan yang diberikan
C. Kebijakan yang akan diberikanya

Dari ketiga point ini jika anda sudah mempelajarinya maka akan dengan mudah baginya untuk tidak mengulangi serta menanyakan yang kiranya pertanyaan anda tidak berbobot sama sekali jika sebelumnya anda sudah paham betul dan sudah membacanya ulasan disetiap menu pilihan yang ada di blogg atau company profilnya perusahaan yang anda pilih sebelumnya.

Setidaknya anda sudah membantu mengurangi informasi yang tidak begitu penting jika anda sudah terlebih dahulu googling mencari berbagai referensi yang dibutuhkanya , baik itu googling masalah produk , jasa serta berbagai layanan yang diberikanya. Dari sinilah anda akan tahu dengan mudahnya menemukan banyaknya info seputar menu produk dan layanan yang didapatkanya.


2. Pelajari Layanan Q & A Pada Website Dan Blogg Perusahaanya


Tahukan anda diberbagai blogg luar negeri dan company profil dari perusahaan besar pasti mempunyai layanan ini , iya layanan yang disebut pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh para customer , klien baru atau orang yang baru saja mengunjunginya dan berulang menanyakanya untuk yang kedua kalinya.

Ini hanyalah skirpt sepele yang jika anda tidak mengetahuinya maka akan dengan jelas pertanyaan pertanyaan awal yang kiranya akan menghabiskan banyak waktu untuk berdebatpun terulang kembali. Dan jawaban dari apa yang akan anda dapatkan hanya ada di layanan pada submenu yang dinamakan Layanan Q & A.

Bayangkan saja , jika hal ini tidak ada dalam web atau blogg company profil yang anda dan tim anda buat , membuang waktu hanya untuk berdebat dengan para calon customer hanyalah menghasbiskan banyak waktu dan membuang tenaga sia sia.

Coba jika anda adalah bagian dari pada tim sales dan admin yang mengelola sebuah layanan tersebut, katakanlah anda dan tim anda sudah terlatih dalam menangani berbagai klien dan customer baru yang pada saat itu mengunjungi web atau blogg anda dan kemudian deal membelinya.

Katakanlah anda adalah seorang admin yang bertugas menghandle beberapa layanan pemesanan bagi orang orang yang berkunjung dan ingin membelinya, jika anda sudah paham betul di training untuk melayani seorang pembeli , maka script layanan Q &A inilah yang akan anda manfaatkan untuk diberikan ke mereka. Ya biasanya tim admin kami sudah mempunyai script khsusu yang mengarahkan link dan beberapa kalimat agar sebelum memutuskan menanyakan beberapa barang dan jasa yang dijual, terlebih dahulu mempelajari serta mengetahui dengan jelas layanan Q & A pada website atau blogg pada company profil yang dituju.

Lebih baik memilih untuk mempertimbangkan waktu dan mempunyai beberapa referensi pilihan layanan dan kebijakan serta barang yang dimaksud yang akan dibelinya , sebelum anda memutuskan untuk membeli barang dari para supplier yang belum tahu dengan jelas apa saja layanan dan kebijakan yang akan anda dapatkan nantinya.

Lebih baik lagi menjadi seseorang yang jeli , teliti dan humble dalam memutuskan memilih beberapa vendor atau supplier nantinya , pastikan kedua point penting tersebut anda ketahui terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai pengetahuan dan referensi produk dan layanan yang akan anda pilih.

Jadilah pembeli yang pintar , membeli bukan melulu tentang barang dan uang , tapi sebuah proses dimana anda akan mengetahui lebih banyak tentang layanan dan barang yang akan anda gunakan nantinya.


*Note : Jika anda ingin mendapatkan layanan jasa R&D khusus plastik , anda hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk mengisi form dibawah ini , pastikan nomer dan email yang anda gunakan aktif. Silahkan isi form dibawah ini dengan benar.



Komentar